Rabu, 08 Juni 2022

Review Startup Konvensional & Digital

 

Tugas KWU Review Startup

Konvensional & Digital

 

 

Startup Konvensional : Warkop DKI (Warung Kopi Dekat Karang Indah)






Warung kopi ini berdiri di Jl pada tahun 2016.Karang Indah Timur, Krajan, Karang, Kec. Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62381. Warkop DKI Pengolahan kopi di warung-warung, mulai dari kopi sangrai dan pure hingga kopi siap santap. Pelanggan Warkop DKI berasal dari seluruh warga  kota Tuban dan sekitarnya. Berbagai pelanggan dari luar Tuban dengan latar belakang status yang berbeda juga mampir ke sana.

Analisis Golden Circle

·         How

Warkop DKI selalu ramai dikunjungi pecinta kopi dari segi lokasi, karena memiliki ciri khas yang berbeda dengan Warkop lain yang  terkenal dengan  daya tarik utamanya, secangkir kopi. Warkop DKI ini berada di pinggir jalan yang merupakan akses ke dalam dan luar desa untuk keberhasilan pembangunan.

·         What

Warkop DKI ini merupakan unggulan kopi saring  yang disukai  pecinta kopi dan merupakan Warkop yang banyak datang kesini dengan harga yang sangat terjangkau.

·         Why

Pak Fajar mendirikan warkop ini lantaran beliau pakar pada meracik kopi , sang karena itu beliau mendirikan warkop kopi saring yg selalu ramai dikunjungi sang penikmat kopi.

 

Lean Model Canvas

 

Problem

Solution

Unique And Value Proposition

Unfair Advantage

Customer Segments

- Ketika Pelanggan terlalu banyak mengakses wifi banyak pelanggan yg komplain

Meningkatkan pelayanan , tempat dan menambah kapasitas dan kecepatan wifi

Warkop DKI memiliki ciri khas tersendiri yaitu racikan kopi saring buatannya sendiri dan juga memiliki harga yang sangat terjangkau ,dan tempatnya yg nyaman buat nongkrong anak muda apa lagi buat gamer

Kopi sama dengan kopi lainnya, tetapi dengan bahan yang berbeda dan rasa yang unik.

Kopi sama dengan kopi lainnya, tetapi dengan bahan yang berbeda dan rasa yang unik.

Key Metrics

 

Channels

 

Cost Structure

 

Revenue Streams

 

 

- Jumlah cabang

- Promosi dari mulut ke mulut

- Biaya bahan racikan

- Biaya untuk salary pegawai

- tagihan listrik

Pendapatan dihasilkan dari penjualan kopi,es dan snack

 

 

Di dalam Lean Model Canvas, terdapat 9 (sembilan) poin yang harus di analisa , meliputi :

-         Problems : Ketika terjadi masalah wifi seperti kemarin maka pelanggan akan merasa booring dan tidak nyaman karena terjadi masalah wifi.

-         Solutions : Meningkatkan pelayanan , tempat dan menambah kecepatan dan kapasitas wifi.

-         Unique Value Proposition : Warkop DKI memiliki ciri khas tersendiri yaitu Warkop DKI memiliki keunikan tersendiri: racikan kopi saring  yang unik, harganya sangat terjangkau dan tempat nongkrong yang nyaman bagi anak muda khususnya para gamers.

-         Unfair Advantages : Kopi sama dengan kopi lainnya, tetapi dengan bahan yang berbeda dan rasa yang unik.

-         Customer Segments : Kopi sama dengan kopi lainnya, tetapi dengan bahan yang berbeda dan rasa yang unik.

-         Key Metrics : Jumlah cabang warkop di tempat lain.

-         Channels : Karena warkop ini sudah berdiri sejak dulu maka Promosi nya melalui mulut ke mulut.

-         Cost Structure : - Biaya bahan racikan,Biaya untuk salary pegawai,tagihan listrik

-         Revenue Streams : Pendapatan dihasilkan dari penjualan kopi,es dan snack.

 

Business Model Canvass

Key Partners

Key Activities

Value Proposition

Customers Relationship

Customer Segments

- Supplier bahan

- Customer

- Cabang

Memproduksi Minuman kopi yang dijual kepada pelanggan

Warkop DKI memiliki keunikan tersendiri: kopi saring buatan sendiri  yang harganya sangat terjangkau.

- Pelayanan yang ramah

- Pengecekan dan peningkatan kualitas

 

Warkop DKI Filter Semua pecinta kopi yang ingin menikmati racikan kopi

Key Resources

Channels

Cost Structures

Revenue Streams

 

- Warung

- Pegawai

- Bahan - bahan

- Promosi dari mulut ke mulut

- Biaya bahan racikan

- Biaya untuk salary pegawai

- tagihan listrik

Pendapatan dihasilkan dari penjualan kopi,es dan snack.

 

 

Di dalam Business Model Canvas, terdapat 9 (sembilan) poin yang harus di analisa , meliputi :

-         Key Partners : - Supplier bahan ,Customer, Cabang.

-         Key Activities : Memproduksi Minuman kopi yang dijual kepada pelanggan.

-         Value Propositions : Warkop DKI memiliki keunikan tersendiri: kopi saring buatan sendiri  yang harganya sangat terjangkau

-         Customer Relationship : Pelayanan yang ramah serta Pengecekan dan peningkatan kualitas kepada pelanggan.

-         Customer Segments : Warkop DKI Filter Semua pecinta kopi yang ingin menikmati racikan kopi.

-         Key Resources : Warung tempat berjualan , Pegawai, Bahan – bahan untuk meracik kopi.

-         Channels : Karena warkop ini sudah berdiri sejak dulu maka Promosi nya melalui mulut ke mulut.

-         Cost Structure : Biaya bahan racikan , Biaya untuk salary pegawai ,tagihan listrik.

-         Revenue Streams : Pendapatan dihasilkan dari penjualan kopi,es dan snack.


Startup Digital : myECO

myECO adalah startup yang bergerak dibidang solusi teknologi smart home penghematan listrik dengan produk solusi alat penghemat listrik otomatis berbasis IoT/internet of things. Didirikan pada 27 Oktober 2020 dengan nama myECO Teknologi Nusantara yang bergerak di sektor teknologi informasi berbasis di malang. 

Dengan Motto “Save your OUTgo with myECO” myECo hadir berfokus pada penghematan listrik dengan mengurangi tagihan listrik customer dan tujuan akhir membentuk budaya hemat listrik.

Dari 12 jenis produk yang ada, myECO Telah memenangkan penghargaan lebih dari 25 ajang nasional maupun international. Selain itu myECO juga telah memenuhi paten, hak cipta dan hak merk untuk melindungi hak perusahaan.

satu produk inovasi unggulan bernama Smart EcoRoom adalah solusi alat penghemat listrik otomatis berbasis IoT (Internet of Things) dengan penghematan hingga 55%.

 

·        How

myEco didirikan untuk bergerak dibidang solusi teknologi smart home penghematan listrik dengan produk solusi alat penghemat listrik otomatis berbasis IoT/internet of things. 

·        What

Melalui myECO kita dapat turut berkontribusi dalam penghematn listrik dan terciptanya smarthome di Indonesia, kami ingin selalu ingin  tetap menjaga keamanan dari data setiap user kami.

·        Why

myECO ingin berperan membantu kita untuk berhemat dalam penggunaan listrik

 

Lean Model Canvas

 

Problem

Solution

Unique And Value Proposition

Unfair Advantage

Customer Segments

Menjadi startup baru, banyak yang tidak menyadari bahwa mengadopsi teknologi bisa melelahkan dan mahal.

 Smart EcoRoom adalah solusi alat penghemat listrik otomatis berbasis IoT (Internet of Things) dengan penghematan hingga 55%

myECO menyajikan informasi dan bantuan untuk masyarakat dalam berhemat listrik melalui teknologi smart home berbasis IoT(Internet of things)

keamanan dari data setiap user dijamin terjaga

 

Server myECO berada di Indonesia sehingga semua data dari user tetap di lokal sarver indonesia

Seluruh Masyarakat yang ingin mendapatkan ilmu dapat bergabung

Key Metrics

 

Channels

 

Cost Structure

 

Revenue Streams

 

 

-Jumlah Partner

- Aplikasi

-Relasi

- Promosi melalui Social media

 

- Biaya untuk peralatan

- Biaya pemeliharaan

- Hasil kerjasama dan workshop

 

 

Di dalam Lean Model Canvas, terdapat 9 (sembilan) poin yang harus di analisa , meliputi :

-         Problems : Menjadi startup baru, banyak yang tidak menyadari bahwa mengadopsi teknologi bisa melelahkan dan mahal.

-         Solutions :  Smart EcoRoom adalah solusi alat penghemat listrik otomatis berbasis IoT (Internet of Things) dengan penghematan hingga 55%

-         Unique Value Proposition : myECO menyajikan informasi dan bantuan untuk masyarakat dalam berhemat listrik melalui teknologi smart home berbasis IoT(Internet of things)

-         Unfair Advantages : keamanan dari data setiap user dijamin terjaga, Server myECO berada di Indonesia sehingga semua data dari user tetap di lokal sarver indonesia

-         Customer Segments : Seluruh Masyarakat yang ingin mendapatkan ilmu dapat bergabung

-         Key Metrics : Jumlah Partner,Anggota Komunitas,Relasi.

-         Channels : Promosi melalui Social media,Event dan penyuluhan.

-         Cost Structure : Biaya untuk peralatan,Biaya pemeliharaan.

-          Revenue Streams : Hasil kerjasama dan workshop

 

Business Model Canvass

Key Partners

Key Activities

Value Proposition

Customers Relationship

Customer Segments

- Supplier peralatan

- Masyarakat

 

Membantu dan Memberikan informasi penting kepada masyarakat.

myECO Memberikan kemudahan akses dan bantuan kepada masyarakat dan pengguna yang ingin bergabung

- Aplikasi yang membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi dan alat untuk menghemat penggunaan listrik

Seluruh Masyarakat yang ingin mendapatkan ilmu dapat bergabung

Key Resources

Channels

Cost Structures

Revenue Streams

 

- Aplikasi

- Peralatan

- Promosi melalui Social media

 

- Biaya untuk peralatan

- Biaya pemeliharaan

- Hasil kerjasama dan workshop

 

 

Di dalam Business Model Canvas, terdapat 9 (sembilan) poin yang harus di analisa , meliputi :

-         Key Partners : Supplier peralatan ,Masyarakat.

-         Key Activities : Membantu dan Memberikan informasi penting kepada masyarakat.

-         Value Propositions : myECO Memberikan kemudahan akses dan bantuan kepada masyarakat dan pengguna yang ingin bergabung.

-         Customer Relationship : Aplikasi yang membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi dan alat untuk menghemat penggunaan listrik.

-         Customer Segments : Seluruh Masyarakat yang ingin mendapatkan ilmu dapat bergabung.

-         Key Resources : Aplikasi dan Peralatan.

-         Channels : Promosi melalui Social media.

-         Cost Structure : Biaya untuk peralatan dan Biaya untuk pemeliharaan.

-         Revenue Streams : Hasil kerjasama dan workshop.


Nama

Startup Konvensional

Startup Digital

Link

Steven Hephzibah OlinExpresso Jao Coffee RuangGuru

https://enzoolin08.blogspot.com/2022/06/startupdigital-ruang-guru-didirikan.html

Prasastio Giri

Warung Kopi Ghoib

Palugada Streetwear

 https://prasastiog.wordpress.com/2022/06/08/review-startup/

R Mahendra Agung Pratama Dito

Warkop Sembarang

 Majoo

 https://mahendraagungpratma.blogspot.com/2022/06/kewirausahaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Startup Konvensional & Digital

  Tugas KWU Review Startup Konvensional & Digital     Startup Konvensional : Warkop DKI (Warung Kopi Dekat Karang Indah) War...